29 Mar 2012

Training BerBeQu (Bergembira Bersama Al Quran)





Bertempat di  Aula Gerkopin Jatinangor, Yayasan Sanggar Anak Indonesia Membangun (SAIM) pada tanggal 29 Maret 2012 telah menyelenggarakan kegiatan Training BerBeQu (Bergembira Bersama Al Quran), yang diikuti oleh unsur  IGTKI, IGRA, dan Himpaudi  Kec. Jatinangor, Kec. Tanjungsari dan Kec. Cileunyi Kab. Bandung. 
Training BerBeQu  merupakan terobosan baru dalam membelajarkan dan mengenalkan Al Quran kepada anak. Konsepnya adalah anak belajar Al Quran sambil bermain atau melalui permainan  (games), hal ini didasari karena dunia anak adalah dunia bermain dan dunia imajinasi. 

 Menurut Nunu A Hamijaya salah seorang instruktur dalam kegiatan tersebut mengatakan, “ semangat BerBeQu adalah semangat melahap hidangan spiritual-intelektual , karena Al Quran adalah hidangan bergizi tertinggi bagi manusia, sedangkan pembelajaran Al Quran adalah proses perjamuan  hidangan," sambil  mengutip hadist Nabi yang disampaikan Ibnu Mas’ud , … sesungguhnya Al Quran adalah sebuah perjamuan bagi siapa yang mau mendatanginya .”
Training yang berlangsung interaktif tersebut, disajikan secara menarik oleh para narasumber , sehingga merangsang antusiasme peserta . Training yang  berbasis pada pendekatan Appreciative Inquiry tersebut mengintegrasikan kekuatan Kecerdasan Apresiatif, sehingga proses pembelajarannya berlangsung dalam suasana yang menggembirakan dan menyenangkan.
Materi yang disajikan dalam Training BerBeQu  , tersebut adalah :
1.         Apreciative Inqury
2.         Visualisasi dan imajinasi Al Quran
3.         Simulasi dan demonstrasi Kartu BerBeQu
4.         Kurikulum dan Kisi-kisi  BerBeQu untuk PAUD

    Target yang diharapkan dari hasil training ini , baik di rumah maupun di kelas (PAUD) bagi anak-anak yaitu :
  • Mampu berinteraksi dan berdialog dengan Al Quran secara asyik dan menyenangkan.
  • Dapat mengembangkan kecerdasan apresiatif berbasis pesan-pesan Al Quran.
  • Dapat melakukan 7 model BerBeQu , yaitu : read aloud Quran, inquiring Quran, puzzle Quran, answering Quran, discovering Quran, dan mathermagic Quran.
Sedangkan bagi guru dan orang tua, Training BerBeQu  akan melibatkan pengalaman terindah dan terhebat saat berinteraksi dengan cara menghargai seluruh inti kekuatan positif (kemampuan, keberhasilan, dan kegembiraan) orang tua/guru dan anak , sehingga menjadi suatu pembelajaran yang menghidupkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari, bagaikan “the living Quran”.

Kurikulum BerBeQu :
  1. Mengenal atlas dan situs-situs dal Al Quran yang berkaitan dengan lokasi tempat bersejarah dalam kisah-kisah rosul
  2. Menstimulasi adanya dialog, tanya jawab antara orang tua , guru, dan anak dalam membahas isi dan pesan Al Quran.
  3. Mengenalkan anak dengan kosa kata  penting Al Quran.
  4. Mengenalkan korelasi satu ayat dengan ayat lain sebagai ilmu .
  5. Menghafal terjemahan ayat-ayat Al Quran yang disusun secara puitis.
  6. Menghitung sesuatu dan mengidentifikasi fakta dan fenomena yang terdapat di dalam Al Quran.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai kegiatan training dan saresehan BerBeQu, silahkan menghubungi : mitracall BBQ - 085720404503 atau melalui email : yayasansaim@yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz