4 Feb 2012

KARYA NYATA


RANCANGAN PENGELOLAAN POS PAUD  “SEJAHTERA”
DESA SUKAGALIH KECAMATAN SUMEDANG SELATAN
KABUPATEN SUMEDANG TAHUN 2010

Oleh : Euis Nurfaridah
(Juara I Jambore PTK-PNF Tk. Propinsi Jawa Barat Tahun 2010)

A.     Latar Belakang.
Salah satu bentuk layanan Pendidikan Anak  Usia Dini (PAUD) yang dalam penyelenggaraannya diintegrasikan dengan layanan Bina Keluarga Balita (BKB) dan Posyandu adalah Pos PAUD. Pos PAUD dikembangkan atas dasar prinsip “dari, oleh, dan untuk masyarakat”, artinya masyarakatlah yang memegang peran penting dalam penyelenggaraan Pos PAUD ini.
Upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pos PAUD diperlukan adanya suatu perencanaan dan pengelolaan yang baik , sehingga apa yang ingin dicapai dapat terwujud. Untuk mewujudkan hal tersebut sudah tentu sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak , baik dari dinas/instansi terkait, maupun  organisasi masyarakat lainnya.
Dalam mengelola dan menata sebuah organisasi termasuk Pos PAUD, sangat diperlukan  adanya Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), juga dipersyaratkan adanya Controlling (pengendalian) yang kemudian disingkat dengan POAC. Tanpa adanya pengendalian, maka jalannya organisasi tidak akan berjalan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.
Penyelenggara  Pos PAUD memiliki hak dan fungsi sebagai pengendali setiap kegiatan di lembaganya. Namun permasalahannya adalah, bahwa kebanyakan personal  yang menjadi pengurus kurang atau belum menguasai apa yang seharusnya dilakukan . Hal ini dilatarbelakangi selain  oleh kurangnya kualitas SDM, juga seringnya menempatkan personal yang tidak tepat pada suatu jabatan dalam organisasi.
Hal lain yang juga perlu mendapat perhatian, bahwa dalam melaksanakan program Pos PAUD, penyelenggara harus tetap memperhatikan prinsip layanan Pos PAUD, yaitu : optimalisasi program, optimalisai ketenagaan, optimalisasi sarana dan prasarana, serta berpusat pada anak.
B.    Tujuan
Tujuan penyusunan rancangan pengelolaan Pos Paud “Sejahtera” ini adalah tersusunnya sebuah perencanaan program , pola pengorganisasian, pelaksanaan program , serta  evaluasi  program yang efektif dalam rangka peningkatan mutu , relevansi dan daya saing, peningkatan tatakelola, akuntabilitas , serta pencitraan publik.
C.     Profil Lembaga
Pos PAUD  “Sejahtera” didirikan pada tahun 2006 di Desa Sukagalih Kecamatan Sumedang Selatan. Latar belakang pendiriannya didasarkan  atas keprihatinan kami akan belum adanya layanan PAUD yang terorganisir. Masyarakat Desa Sukagalih hanya mengenal Posyandu dan BKB Kemas, itupun pelaksanaannya belum optimal. Disamping itu tingkat kesadaran masyarakat akan manfaat Posyandu sebagai sarana  untuk memantau kesehatan serta gizi balita serta layanan BKB masih rendah.
Sehingga kami selaku Kader Posyandu Desa Sukagalih berinisiatif mendirikan satu jenis layanan pendidikan anak usia dini yang terintegrasi dengan layanan Posyandu dan BKB yang tujuannya adalah  untuk :
  • Memberikan model pelayanan PAUD secara total yang diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
  • Memberikan  sarana bermain dan belajar bagi anak usia dini untuk menggali dan meningkatkan semua potensi yang dimilikinya.
  • Memberikan layanan pendidikan, kesehatan dan gizi secara terintegrasi dan menyeluruh dengan prinsip mudah, murah dan bermutu. 
Agar lembaga ini menjadi lebih berkembang, maka disusunlah manajemen kepengurusan sebagai berikut :
   
VISI

Membentuk anak usia dini yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.
MISI

Bersama masyarakat membentuk sarana bermain dan belajar bagi anak usia dini dengan prinsip mudah, murah dan terjangkau dari , oleh dan untuk masyarakat berdasarkan azas gotong royong, kerelaan dan kebersamaan demi terwujudnya anak usia dini yang sehat, cerdas , ceria dan berakhlak mulia.
Tujuan

Membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi , baik psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama , sosial emosional kognitif, bahasa fisik, motorik, kemandirian dan seni,  agar anak siap memasuki pendidikan dasar.
Strategi

Bersama masyarakat mendidik dengan ketulusan hati, suasana bermain ceria penuh makna.
Fungsi

  • Mengenalkan  anak pada peraturan dan menanamkan disiplin
  • Mengenalkan anak pada pada dunia sekitarnya
  • Menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik
  • Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialis
  • Mengembangkan keterampilan dan kreatifitas kreatifitas yang dimiliki anak
  • Menyiapkan anak untuk siap memasuki jenjang pendidikan dasar.

D.     RENCANA PENGELOLAAN
Penyusunan rancangan pengelolaan Pos PAUD ini  pada dasarnya merupakan salah satu strategi agar pelaksanaan program dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Pos PAUD, dapat disebutkan bahwa indikator penyelenggaraan Pos PAUD  yang berhasil  adalah sebagai berikut :
  1. Lebih dari 75% anak yang mengikuti Posyandu mengikutsertakan anaknya dalam Program Pos PAUD.
  2. Tingkat kehadiran anak lebih dari 75%.
  3. Saldo kas Pos PAUD semakin meningkat.
  4. Kegiatan Pos PAUD telah berjalan setiap minggu.
  5. Lebih 75% kelompok yang dibina, kegiatannya berjalan aktif.
  6. Anak yang mengikuti program Pos PAUD semakin bertambah.
  7. Lebih dari 75% orang tua membayar iuran atau memberikan konstribusi dalam betuk lain.
  8. Pembinaan dari instansi terkait dilakukan secara rutin dan berkesinambungan.
Berdasarkan indikator keberhasil tersebut diatas maka perlu disusun sebuah Rancangan Pengelolaan Pos PAUD yang diharapkan dapat direalisasikan untuk mengembangkan lembaga Pos PAUD yang kami kelola selama ini agar sesuai dengan indikator keberhasilan Program Pos PAUD seperti   yang telah diuraikan diatas.
Adapun langkah-langkah yang kami lakukan  dalam menyusun Rancangan Pengelolaan Pos PAUD “Sejahtera” adalah sebagai berikut :
1.    Penyusunan Rencana Program
Salah satu pendekatan baru dalam perencanaan publik yang sedang digalakkan saat ini adalah perencanaan partisipatif, yakni dengan melibatkan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, sampai pemanfaatan program yang direncanakan. Hal ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa orang yang merasa terlibat dalam proses sejak perencanaan sampai tahap akhir, akan  merasa ikut memiliki dan ikut bertanggungjawab  terhadap keberhasilan program. Adapun perencanaan program yang telah kami susun dapat dilihat pada table atau  matrik berikut ini :
  
No.
Aspek
Kegiatan
Hasil yang Diharapkan
1.
Program Kerja
Menyusun program kegiatan pelaksanaan program Pos Paud yang realistis dan dapat dilaksanakan.
Adanya program kerja yang representatif yang realistis dan dapat dilaksanakan.
2.
Sarana / prasarana
Mengupayakan pengadaan sarana / prasarana sesuai kemampuan lembaga
Bertambahnya sarana / prasarana pendukung kegiatan Pos Paud.
3.
Tutor dan kader
Meningkatkan kompetensi tutor dan kader melalui  berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan.
Adanya tutor dan kader yang mempunyai kompetensi yang sesuai dalam melaksanakan tugasnya.
4.
Sosialisasi
Memberikan penyuluhan pada masyarakat akan pentingnya pendidikan anak usia dini.
Masyarakat semakin mengerti akan pentingnya program PAUD bagi tumbuh kembang anak.
5.
Pendanaan
Mencari sumber pendanaan untuk  pelaksanaan kegiatan baik melalui swadaya masyarakat maupun mencari donator.
Adanya sumber dana yang tetap maupun tidak yang dapat menunjang pelaksan aan program.
6
Evaluasi Program
Melakukan penilaian terhadap aspek- aspek pelaksanaan program untuk mengukur ketercapaian program sebagai bahan perbaikan selanjutnya.
Adanya data hasil evaluasi yang dapat dijadikan bahan perbaikan dimasa yang akan datang.
7
Pelaporan
Membuat laporan pelaksanaan kegiatan yang teratur.
Adanya laporan yang dapat dipertanggung jawabkan.

2.   Pengorganisasian Program
Tujuan pengorganisasian program ini adalah untuk menyusun dan merangkai berbagai unsur sumberdaya organisasi dan lingkungan sekitar  yang saling mendukung dan menunjang (sinergis)  sehingga diharapkan akan menghasilkan pelaksanaan program yang lebih maksimal . Upaya pengorganisasian program yang akan dilakukan kami coba tuangkan dalam matrik berikut ini :
 
No.
Aspek
Kegiatan
Hasil yang Diharapkan
1
Kepengurusan
Menyusun kepengurusan berdasarkan kemampuan dan kompetensi masing-masing.
Adanya susunan kepeng urusan yang solid , kompak serta dapat bertanggungjawab dalam pelaksanaan tugasnya.
2
Tupoksi Pengurus
Menyusun daftar pembagian tugas yang jelas dan terarah.
Pengurus dapat melak sanakan tugasnya sesuai dengan tupoksinya masing- masing.
3
Koordinasi
Melaksanakan koordi nasi dengan dinas /instansi terkait, tokoh masyarakat maupun tokoh agama.
Terciptanya kerjasama yang saling menunjang antara lembaga Pos Paud dengan dinas instansi terkait serta adanya peran serta masyarakat dalam pelaksanaan program.
4
Jalinan kemitraan
Menjalin kemitraan dengan dinas/ instansi, lembaga kemasyarakatan maupun dunia usaha.
Adanya kemitraan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
  
3. Pelaksanaan Program
Rancangan pelaksanaan program merupakan strategi bagaimana caranya melaksanakan program secara efektif dan efisien yang didasarkan pada pencapaian indikator-indikator pelaksanaan program Pos PAUD , seperti yang tertuang dalam matrik berikut ini :
 
No.
Aspek
Kegiatan
Hasil yang Diharapkan
1.
Program pembelajaran
Menyusun program pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Tersusunnya silabus pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh tutor.
2.
Administrasi
Menyiapkan dan menyusun  administrasi pembel ajaran secara lengkap.
Tersedia dan terkelola nya pengadminitrasian penyelenggaraan Pos PAUD secara baik .
3.
Jadwal kegiatan
Menyusun jadwal kegiatan pembelajaran bagi anak maupun bagi orang tua
Tersedianya jadwal dan kalender kegiatan yang representatif dan dapat dilaksanakan.
4.
Materi pembelajaran
Menyusun materi pembelajaran , baik bagi anak maupun orang tua
Adanya materi kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan.
5.
Rekruitmen calon peserta didik
Melaksanakan pendataan calon peserta didik melalui RT dan RW disekitar lingkungan.
Adanya data calon peserta didik yang siap mengikuti program.
6.
Pengelompokan peserta didik
Melakukan pengelompokan peserta didik berdasarkan usia.
Adanya data peserta didik berdasarkan kelompok usia.
7.
Pelaksanaan Program
Melaksanakan program pembelajaran, penyuluhan BKB dan Posyandu secara terpadu dan teritegrasi.
Terlaksananya program kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah disusun.
8.
Evaluasi Peserta Didik
Melakukan penilaian terhadap perkem bangan anak secara berkala.
Adanya data perkembangan peserta didik yang lengkap dan berkesinambungan yang mencakup perkembangan moral dan nilai-nilai agama, motorik halus dan kasar, bahasa, kognitif, sosial emosional dan seni.

4.  Evaluasi Program
Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanana program Pos PAUD dengan mengukur sejauh mana indikator keberhasilan dapat tercapai . Hasil evaluasi dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan pelaksanaan program dimasa-masa yang akan datang. Kegiatan evaluasi program menyangkut indikator-indikator sebagai berikut :
  
No.
Aspek
Kegiatan
Hasil yang Diharapkan
1.
Program Pembelajaran
Melakukan evaluasi terhadap komponen-komponen program pembelajaran.
Program pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan yang ketentuan yang berlaku.
2.
Sarana dan prasarana
Melakukan evaluasi terhadap jumlah, kualitas, serta kebermanfaatan sarana dan prasarana
Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai serta sesuai dengan kebutuhan anak.
3.
Kader dan Tutor
Melakukan evaluasi terhadap aktivitas tutor dan kader
Adanya peningkatan kinerja, dedikasi dan motivasi tutor dan kader.
4
Peserta didik
Melakukan evaluasi terhadap jumlah, kehadiran, dan perkembangan anak
Adanya data peserta didik yang menyangkut jumlah, tingkat kehadiran, serta perkembangan anak.
5
Frekuensi kegiatan
Evaluasi terhadap, efek tivitas , intensitas dan kualitas kegiatan.
Kegiatan dapat dilaksa nakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dengan tetap memperhatikan efek tivitas , intensitas dan kualitas kegiatannya.
6
Orang tua
Evaluasi terhadap peran serta dan partisipasi orang tua dalam kegiatan Pos PAUD
Meningkatnya partisipasi orang tua, baik dari aspek kehadiran maupun dukungan moril dan materilnya .
7
Integrasi layanan
Evaluasi terhadap  kualitas   kegiatan BKB, Posyandu dan PAUD.
Meningkatnya kualitas  layanan BKB, Posyandu maupun PAUD.
8
Pendanaan
Melakukan evaluasi terhadap efesiensi dan akuntabilitas keuangan lembaga.
Adanya pencatatan keuangan lembaga yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.
9
Pembina
Evaluasi terhadap pelak sanaan koordinasi antara dinas/ instansi terkait.
Meningkatnya koordinasi antara dinas / instansi terkait serta meningkatnya kualitas kegiatan monitoring dan evaluasi

 5.      Jadwal Pelaksanaan Rancangan Pengelolaan Pos PAUD
Dari Rancangan Pengelolaan Pos PAUD seperti telah dijelaskan diatas, maka perlu direalisasikan dengan menyusun jadwal pelaksanaannya seperti yang tersaji pada table berikut ini :
 
No
Kegiatan
Bulan
A
PENYUSUNAN RENCANA KERJA

1
Menyusun program kegiatan pelaksanaan program  Pos Paud yang realistis dan dapat dilaksanakan.

2
Melaksanakan koordinasi dengan dinas /instansi terkait, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

3
Mengupayakan pengadaan sarana / prasarana sesuai kemampuan lembaga

4
Meningkatkan kompetensi tutor dan kader melalui  berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan.

5
Memberikan penyuluhan pada masyarakat akan pentingnya pendidikan anak usia dini.

6
Mencari sumber pendanaan untuk  pelaksanaan kegiatan baik melalui swadaya masyarakat maupun mencari donator.

7
Melakukan penilaian terhadap aspek-aspek pelaksanaan program untuk mengukur ketercapaian program sebagai bahan perbaikan selanjutnya.

8
Membuat laporan pelaksanaan kegiatan yang teratur.

B
PENGORGANISASIAN PROGRAM

1
Menyusun kepengurusan berdasarkan kemampuan dan kompetensi masing-masing.

2
Menyusun daftar pembagian tugas yang jelas dan terarah.

3
Melakukan koordinasi dengan berbagai pihak  terkait.

4
Menjalin kemitraan dengan dinas/instansi, lembaga kemasyarakatan maupun dunia usaha.

C
PELAKSANAAN PROGRAM

1
Menyusun program pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan anak.

2
Menyiapkan dan menyusun  administrasi pembel ajaran secara lengkap.

3
Menyusun jadwal kegiatan pembelajaran bagi anak maupun bagi orang tua

4
Menyusun materi pembelajaran , baik bagi anak maupun orang tua

5
Melaksanakan pendataan calon peserta didik melalui RT dan RW disekitar lingkungan.

6
Melakukan pengelompokan peserta didik berdasarkan usia

7
Melaksanakan program pembelajaran, penyu luhan BKB dan Posyandu secara terpadu dan teritegrasi.

8
Melakukan penilaian terhadap perkembangan anak secara berkala.

D
EVALUASI PROGRAM

1
Melakukan evaluasi terhadap komponen-komponen program pembelajaran.

2
Melakukan evaluasi terhadap jumlah, kualitas, serta kebermanfaatan sarana dan prasarana

3
Melakukan evaluasi terhadap aktivitas tutor dan kader

4
Melakukan evaluasi terhadap jumlah, kehadiran, dan perkembangan anak

5
Evaluasi terhadap, efektivitas , intensitas dan kualitas kegiatan.

6
Evaluasi terhadap peran serta dan partisipasi orang tua dalam kegiatan Pos PAUD

7
Evaluasi terhadap  kualitas   kegiatan BKB, Posyandu dan PAUD.

8
Melakukan evaluasi terhadap efesiensi dan akuntabilitas keuangan lembaga.

9
Evaluasi terhadap pelaksanaan koordinasi antara dinas/instansi terkait.



E.         PENUTUP
Mengelola sebuah lembaga pendidikan bukanlah mengelola sebuah tempat usaha, melainkan mengelola sumber daya manusia dengan peradaban dimasa mendatang , oleh karena itu dalam mengelola lembaga pendidikan diperlukan adanya sebuah perencanaan yang benar-benar  cermat, matang serta terkoordinir dengan baik. Kerjasama diantara pengurus, memahami tupoksi masing-masing, penataan manajemen yang baik, serta dukungan dari dinas/instansi terkait serta masyarakat sekitarnya, merupakan modal yang kuat untuk membangun sebuah lembaga pendidikan yang baik. Pos PAUD  Sejahtera” merupakan salah satu lembaga pendidikan yang juga harus dikelola dengan baik, karena dari sinilah akan dimulai proses pendidikan bagi calon generasi yang akan datang.
Demikianlah Rancangan Pengelolaan Pos PAUD  Sejahtera” dapat kami sampaikan, dengan harapan apa yang telah kami susun ini dapat terealisasi dengan baik, sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama. Selanjutnya kami sangat berharap agar dukungan dan kerjasama yang telah terjalin selama ini tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang.

REFERENSI :
Direktorat PAUD , (2006) Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD, Depdiknas, Jakarta
Direktorat PAUD , (2008) Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD, Depdiknas, Jakarta
Semara Ratih (2007),Kondisi BKB Masa Kini ,http://semararatih.wordpress.com/
Sri Wahyuti  (2010) http://wahyuti4tklarasati.blogspot.com/2010/01/vipengelolaan-kegiatan-pengembangan.html

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz