RANCANGAN PENGELOLAAN POS PAUD “SEJAHTERA”
DESA SUKAGALIH KECAMATAN SUMEDANG
SELATAN
KABUPATEN SUMEDANG TAHUN 2010
Oleh : Euis Nurfaridah
(Juara I Jambore PTK-PNF Tk. Propinsi
Jawa Barat Tahun 2010)
A.
Latar Belakang.
Salah satu bentuk layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dalam
penyelenggaraannya diintegrasikan dengan layanan Bina Keluarga Balita (BKB) dan
Posyandu adalah Pos PAUD. Pos PAUD dikembangkan atas dasar prinsip “dari, oleh,
dan untuk masyarakat”, artinya masyarakatlah yang memegang peran penting dalam
penyelenggaraan Pos PAUD ini.
Upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pos PAUD diperlukan adanya
suatu perencanaan dan pengelolaan yang baik , sehingga apa yang ingin dicapai
dapat terwujud. Untuk mewujudkan hal tersebut sudah tentu sangat dibutuhkan
dukungan dari semua pihak , baik dari dinas/instansi terkait, maupun organisasi masyarakat lainnya.
Dalam mengelola dan menata sebuah organisasi termasuk Pos PAUD, sangat
diperlukan adanya Planning
(perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), juga
dipersyaratkan adanya Controlling (pengendalian) yang kemudian disingkat dengan
POAC. Tanpa adanya pengendalian, maka jalannya organisasi tidak akan berjalan
secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.
Penyelenggara Pos PAUD memiliki
hak dan fungsi sebagai pengendali setiap kegiatan di lembaganya. Namun
permasalahannya adalah, bahwa kebanyakan personal yang menjadi pengurus kurang atau belum
menguasai apa yang seharusnya dilakukan . Hal ini dilatarbelakangi selain oleh kurangnya kualitas SDM, juga seringnya
menempatkan personal yang tidak tepat pada suatu jabatan dalam organisasi.
Hal lain yang juga perlu mendapat perhatian, bahwa dalam melaksanakan
program Pos PAUD, penyelenggara harus tetap memperhatikan prinsip layanan Pos
PAUD, yaitu : optimalisasi program, optimalisai ketenagaan, optimalisasi sarana
dan prasarana, serta berpusat pada anak.
B. Tujuan
Tujuan penyusunan rancangan pengelolaan
Pos Paud “Sejahtera” ini adalah tersusunnya sebuah perencanaan program ,
pola pengorganisasian, pelaksanaan program , serta evaluasi program yang efektif dalam rangka peningkatan
mutu , relevansi dan daya saing, peningkatan tatakelola, akuntabilitas , serta
pencitraan publik.
C. Profil Lembaga
Pos PAUD “Sejahtera” didirikan
pada tahun 2006 di Desa Sukagalih Kecamatan Sumedang Selatan. Latar belakang
pendiriannya didasarkan atas
keprihatinan kami akan belum adanya layanan PAUD yang terorganisir. Masyarakat
Desa Sukagalih hanya mengenal Posyandu dan BKB Kemas, itupun pelaksanaannya
belum optimal. Disamping itu tingkat kesadaran masyarakat akan manfaat Posyandu
sebagai sarana untuk memantau kesehatan
serta gizi balita serta layanan BKB masih rendah.
Sehingga kami selaku Kader Posyandu Desa Sukagalih berinisiatif
mendirikan satu jenis layanan pendidikan anak usia dini yang terintegrasi
dengan layanan Posyandu dan BKB yang tujuannya adalah untuk :
- Memberikan model pelayanan PAUD secara total yang diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
- Memberikan sarana bermain dan belajar bagi anak usia dini untuk menggali dan meningkatkan semua potensi yang dimilikinya.
- Memberikan layanan pendidikan, kesehatan dan gizi secara terintegrasi dan menyeluruh dengan prinsip mudah, murah dan bermutu.
Agar lembaga ini menjadi lebih berkembang, maka disusunlah manajemen kepengurusan
sebagai berikut :
VISI
|
Membentuk anak usia dini yang sehat,
cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.
|
MISI
|
Bersama masyarakat membentuk sarana bermain
dan belajar bagi anak usia dini dengan prinsip mudah, murah dan terjangkau
dari , oleh dan untuk masyarakat berdasarkan azas gotong royong, kerelaan dan
kebersamaan demi terwujudnya anak usia dini yang sehat, cerdas , ceria dan
berakhlak mulia.
|
Tujuan
|
Membantu anak didik mengembangkan berbagai
potensi , baik psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama
, sosial emosional kognitif, bahasa fisik, motorik, kemandirian dan
seni, agar anak siap memasuki pendidikan
dasar.
|
Strategi
|
Bersama masyarakat mendidik dengan
ketulusan hati, suasana bermain ceria penuh makna.
|
Fungsi
|
|
D. RENCANA PENGELOLAAN
Penyusunan rancangan pengelolaan Pos PAUD ini pada dasarnya merupakan salah satu strategi
agar pelaksanaan program dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Sesuai
dengan Pedoman Penyelenggaraan Pos PAUD, dapat disebutkan bahwa indikator
penyelenggaraan Pos PAUD yang berhasil adalah sebagai berikut :
- Lebih dari 75% anak yang mengikuti Posyandu mengikutsertakan anaknya dalam Program Pos PAUD.
- Tingkat kehadiran anak lebih dari 75%.
- Saldo kas Pos PAUD semakin meningkat.
- Kegiatan Pos PAUD telah berjalan setiap minggu.
- Lebih 75% kelompok yang dibina, kegiatannya berjalan aktif.
- Anak yang mengikuti program Pos PAUD semakin bertambah.
- Lebih dari 75% orang tua membayar iuran atau memberikan konstribusi dalam betuk lain.
- Pembinaan dari instansi terkait dilakukan secara rutin dan berkesinambungan.
Berdasarkan indikator keberhasil tersebut diatas maka perlu disusun
sebuah Rancangan Pengelolaan Pos PAUD yang diharapkan dapat direalisasikan
untuk mengembangkan lembaga Pos PAUD yang kami kelola selama ini agar sesuai
dengan indikator keberhasilan Program Pos PAUD seperti yang
telah diuraikan diatas.
Adapun langkah-langkah yang kami lakukan dalam menyusun Rancangan Pengelolaan Pos PAUD “Sejahtera”
adalah sebagai berikut :
1.
Penyusunan Rencana Program
Salah satu pendekatan baru dalam
perencanaan publik yang sedang digalakkan saat ini adalah perencanaan
partisipatif, yakni dengan melibatkan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan
mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, sampai pemanfaatan program yang
direncanakan. Hal ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa orang yang merasa
terlibat dalam proses sejak perencanaan sampai tahap akhir, akan merasa ikut memiliki dan ikut bertanggungjawab
terhadap keberhasilan program. Adapun
perencanaan program yang telah kami susun dapat dilihat pada table atau matrik berikut ini :
No.
|
Aspek
|
Kegiatan
|
Hasil yang Diharapkan
|
1.
|
Program Kerja
|
Menyusun program kegiatan pelaksanaan program Pos Paud yang realistis
dan dapat dilaksanakan.
|
Adanya program kerja yang representatif yang realistis dan dapat
dilaksanakan.
|
2.
|
Sarana / prasarana
|
Mengupayakan pengadaan sarana / prasarana sesuai kemampuan lembaga
|
Bertambahnya sarana / prasarana pendukung kegiatan Pos Paud.
|
3.
|
Tutor dan kader
|
Meningkatkan kompetensi tutor dan kader melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan.
|
Adanya tutor dan kader yang mempunyai kompetensi yang sesuai dalam
melaksanakan tugasnya.
|
4.
|
Sosialisasi
|
Memberikan penyuluhan pada masyarakat akan pentingnya pendidikan anak
usia dini.
|
Masyarakat semakin mengerti akan pentingnya program PAUD bagi tumbuh
kembang anak.
|
5.
|
Pendanaan
|
Mencari sumber pendanaan untuk
pelaksanaan kegiatan baik melalui swadaya masyarakat maupun mencari
donator.
|
Adanya sumber dana yang tetap maupun tidak yang dapat menunjang
pelaksan aan program.
|
6
|
Evaluasi Program
|
Melakukan penilaian terhadap aspek- aspek pelaksanaan program untuk
mengukur ketercapaian program sebagai bahan perbaikan selanjutnya.
|
Adanya data hasil evaluasi yang dapat dijadikan bahan perbaikan dimasa
yang akan datang.
|
7
|
Pelaporan
|
Membuat laporan pelaksanaan kegiatan yang teratur.
|
Adanya laporan yang dapat dipertanggung jawabkan.
|
2. Pengorganisasian Program
Tujuan pengorganisasian program ini adalah
untuk menyusun dan merangkai berbagai unsur sumberdaya organisasi dan
lingkungan sekitar yang saling mendukung
dan menunjang (sinergis) sehingga diharapkan
akan menghasilkan pelaksanaan program yang lebih maksimal . Upaya
pengorganisasian program yang akan dilakukan kami coba tuangkan dalam matrik
berikut ini :
No.
|
Aspek
|
Kegiatan
|
Hasil yang Diharapkan
|
1
|
Kepengurusan
|
Menyusun kepengurusan berdasarkan kemampuan dan kompetensi
masing-masing.
|
Adanya susunan kepeng urusan yang solid , kompak serta dapat
bertanggungjawab dalam pelaksanaan tugasnya.
|
2
|
Tupoksi Pengurus
|
Menyusun daftar pembagian tugas yang jelas dan terarah.
|
Pengurus dapat melak sanakan tugasnya sesuai dengan tupoksinya
masing- masing.
|
3
|
Koordinasi
|
Melaksanakan koordi nasi dengan dinas /instansi terkait, tokoh
masyarakat maupun tokoh agama.
|
Terciptanya kerjasama yang saling menunjang antara lembaga Pos Paud
dengan dinas instansi terkait serta adanya peran serta masyarakat dalam
pelaksanaan program.
|
4
|
Jalinan kemitraan
|
Menjalin kemitraan dengan dinas/ instansi, lembaga kemasyarakatan
maupun dunia usaha.
|
Adanya kemitraan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
|
3. Pelaksanaan Program
Rancangan
pelaksanaan program merupakan strategi bagaimana caranya melaksanakan program
secara efektif dan efisien yang didasarkan pada pencapaian indikator-indikator
pelaksanaan program Pos PAUD , seperti yang tertuang dalam matrik berikut ini :
No.
|
Aspek
|
Kegiatan
|
Hasil yang Diharapkan
|
1.
|
Program pembelajaran
|
Menyusun program pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan anak.
|
Tersusunnya silabus pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh tutor.
|
2.
|
Administrasi
|
Menyiapkan dan menyusun administrasi pembel ajaran secara lengkap.
|
Tersedia dan terkelola nya pengadminitrasian penyelenggaraan Pos PAUD
secara baik .
|
3.
|
Jadwal kegiatan
|
Menyusun jadwal kegiatan pembelajaran bagi anak maupun bagi orang tua
|
Tersedianya jadwal dan kalender kegiatan yang representatif dan dapat
dilaksanakan.
|
4.
|
Materi pembelajaran
|
Menyusun materi pembelajaran , baik bagi anak maupun orang tua
|
Adanya materi kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan.
|
5.
|
Rekruitmen calon peserta didik
|
Melaksanakan pendataan calon peserta didik melalui RT dan RW disekitar
lingkungan.
|
Adanya data calon peserta didik yang siap mengikuti program.
|
6.
|
Pengelompokan peserta didik
|
Melakukan pengelompokan peserta didik berdasarkan usia.
|
Adanya data peserta didik berdasarkan kelompok usia.
|
7.
|
Pelaksanaan Program
|
Melaksanakan program pembelajaran, penyuluhan BKB dan Posyandu secara
terpadu dan teritegrasi.
|
Terlaksananya program kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah
disusun.
|
8.
|
Evaluasi Peserta Didik
|
Melakukan penilaian terhadap perkem bangan anak secara berkala.
|
Adanya data perkembangan peserta didik yang lengkap dan
berkesinambungan yang mencakup perkembangan moral dan nilai-nilai agama,
motorik halus dan kasar, bahasa, kognitif, sosial emosional dan seni.
|
4. Evaluasi Program
Tujuannya adalah untuk mengetahui
efektifitas pelaksanana program Pos PAUD dengan mengukur sejauh mana indikator
keberhasilan dapat tercapai . Hasil evaluasi dapat dijadikan sebagai bahan
perbaikan pelaksanaan program dimasa-masa yang akan datang. Kegiatan evaluasi
program menyangkut indikator-indikator sebagai berikut :
No.
|
Aspek
|
Kegiatan
|
Hasil yang Diharapkan
|
1.
|
Program Pembelajaran
|
Melakukan evaluasi terhadap komponen-komponen program pembelajaran.
|
Program pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan yang ketentuan
yang berlaku.
|
2.
|
Sarana dan prasarana
|
Melakukan evaluasi terhadap jumlah, kualitas, serta kebermanfaatan
sarana dan prasarana
|
Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai serta sesuai dengan
kebutuhan anak.
|
3.
|
Kader dan Tutor
|
Melakukan evaluasi terhadap aktivitas tutor dan kader
|
Adanya peningkatan kinerja, dedikasi dan motivasi tutor dan kader.
|
4
|
Peserta didik
|
Melakukan evaluasi terhadap jumlah, kehadiran, dan perkembangan anak
|
Adanya data peserta didik yang menyangkut jumlah, tingkat kehadiran,
serta perkembangan anak.
|
5
|
Frekuensi kegiatan
|
Evaluasi terhadap, efek tivitas , intensitas dan kualitas kegiatan.
|
Kegiatan dapat dilaksa nakan sesuai dengan jadwal yang telah
ditetapkan dengan tetap memperhatikan efek tivitas , intensitas dan kualitas
kegiatannya.
|
6
|
Orang tua
|
Evaluasi terhadap peran serta dan partisipasi orang tua dalam kegiatan
Pos PAUD
|
Meningkatnya partisipasi orang tua, baik dari aspek kehadiran maupun
dukungan moril dan materilnya .
|
7
|
Integrasi layanan
|
Evaluasi terhadap kualitas kegiatan BKB, Posyandu dan PAUD.
|
Meningkatnya kualitas layanan
BKB, Posyandu maupun PAUD.
|
8
|
Pendanaan
|
Melakukan evaluasi terhadap efesiensi dan akuntabilitas keuangan
lembaga.
|
Adanya pencatatan keuangan lembaga yang transparan dan dapat
dipertanggungjawabkan.
|
9
|
Pembina
|
Evaluasi terhadap pelak sanaan koordinasi antara dinas/ instansi
terkait.
|
Meningkatnya koordinasi antara dinas / instansi terkait serta meningkatnya kualitas kegiatan monitoring dan
evaluasi
|
5. Jadwal Pelaksanaan Rancangan
Pengelolaan Pos PAUD
Dari
Rancangan Pengelolaan Pos PAUD seperti telah dijelaskan diatas, maka perlu
direalisasikan dengan menyusun jadwal pelaksanaannya seperti yang tersaji pada
table berikut ini :
No
|
Kegiatan
|
Bulan
|
A
|
PENYUSUNAN RENCANA KERJA
|
|
1
|
Menyusun program kegiatan pelaksanaan program Pos Paud yang realistis dan dapat
dilaksanakan.
|
|
2
|
Melaksanakan koordinasi dengan dinas /instansi
terkait, tokoh masyarakat dan tokoh agama.
|
|
3
|
Mengupayakan pengadaan sarana / prasarana sesuai
kemampuan lembaga
|
|
4
|
Meningkatkan kompetensi tutor dan kader
melalui berbagai kegiatan pendidikan
dan pelatihan.
|
|
5
|
Memberikan penyuluhan pada masyarakat akan
pentingnya pendidikan anak usia dini.
|
|
6
|
Mencari sumber pendanaan untuk pelaksanaan kegiatan baik melalui swadaya
masyarakat maupun mencari donator.
|
|
7
|
Melakukan penilaian terhadap aspek-aspek
pelaksanaan program untuk mengukur ketercapaian program sebagai bahan
perbaikan selanjutnya.
|
|
8
|
Membuat laporan pelaksanaan kegiatan yang
teratur.
|
|
B
|
PENGORGANISASIAN
PROGRAM
|
|
1
|
Menyusun kepengurusan berdasarkan kemampuan dan
kompetensi masing-masing.
|
|
2
|
Menyusun daftar pembagian tugas yang jelas dan
terarah.
|
|
3
|
Melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.
|
|
4
|
Menjalin kemitraan dengan dinas/instansi, lembaga
kemasyarakatan maupun dunia usaha.
|
|
C
|
PELAKSANAAN
PROGRAM
|
|
1
|
Menyusun program pembelajaran sesuai dengan tahap
perkembangan anak.
|
|
2
|
Menyiapkan dan menyusun administrasi pembel ajaran secara lengkap.
|
|
3
|
Menyusun jadwal kegiatan pembelajaran bagi anak
maupun bagi orang tua
|
|
4
|
Menyusun materi pembelajaran , baik bagi anak
maupun orang tua
|
|
5
|
Melaksanakan pendataan calon peserta didik
melalui RT dan RW disekitar lingkungan.
|
|
6
|
Melakukan pengelompokan peserta didik berdasarkan
usia
|
|
7
|
Melaksanakan program pembelajaran, penyu luhan
BKB dan Posyandu secara terpadu dan teritegrasi.
|
|
8
|
Melakukan penilaian terhadap perkembangan anak
secara berkala.
|
|
D
|
EVALUASI
PROGRAM
|
|
1
|
Melakukan evaluasi terhadap komponen-komponen
program pembelajaran.
|
|
2
|
Melakukan evaluasi terhadap jumlah, kualitas,
serta kebermanfaatan sarana dan prasarana
|
|
3
|
Melakukan evaluasi terhadap aktivitas tutor dan
kader
|
|
4
|
Melakukan evaluasi terhadap jumlah, kehadiran,
dan perkembangan anak
|
|
5
|
Evaluasi terhadap, efektivitas , intensitas dan
kualitas kegiatan.
|
|
6
|
Evaluasi terhadap peran serta dan partisipasi
orang tua dalam kegiatan Pos PAUD
|
|
7
|
Evaluasi terhadap
kualitas kegiatan BKB,
Posyandu dan PAUD.
|
|
8
|
Melakukan evaluasi terhadap efesiensi dan
akuntabilitas keuangan lembaga.
|
|
9
|
Evaluasi terhadap pelaksanaan koordinasi antara
dinas/instansi terkait.
|
E.
PENUTUP
Mengelola sebuah lembaga pendidikan bukanlah mengelola sebuah tempat usaha,
melainkan mengelola sumber daya manusia dengan peradaban dimasa mendatang ,
oleh karena itu dalam mengelola lembaga pendidikan diperlukan adanya sebuah
perencanaan yang benar-benar cermat, matang
serta terkoordinir dengan baik. Kerjasama diantara pengurus, memahami tupoksi
masing-masing, penataan manajemen yang baik, serta dukungan dari dinas/instansi
terkait serta masyarakat sekitarnya, merupakan modal yang kuat untuk membangun
sebuah lembaga pendidikan yang baik. Pos PAUD
“Sejahtera” merupakan salah satu lembaga pendidikan yang juga
harus dikelola dengan baik, karena dari sinilah akan dimulai proses pendidikan
bagi calon generasi yang akan datang.
Demikianlah Rancangan Pengelolaan Pos PAUD “Sejahtera” dapat kami sampaikan,
dengan harapan apa yang telah kami susun ini dapat terealisasi dengan baik,
sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama. Selanjutnya kami sangat berharap
agar dukungan dan kerjasama yang telah terjalin selama ini tetap dapat
dipertahankan dan ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang.
REFERENSI :
Direktorat PAUD , (2006) Pedoman Teknis
Penyelenggaraan Pos PAUD, Depdiknas, Jakarta
Direktorat PAUD , (2008) Pedoman Teknis
Penyelenggaraan Pos PAUD, Depdiknas, Jakarta
Semara Ratih (2007),Kondisi BKB Masa Kini ,http://semararatih.wordpress.com/
Sismanto (2007), http://mkpd.wordpress.com/2007/07/12/reformulasi-manajemen-pendidikan-anak-usia-dini-paud/
Sri Wahyuti (2010) http://wahyuti4tklarasati.blogspot.com/2010/01/vipengelolaan-kegiatan-pengembangan.html
0 komentar:
Posting Komentar