29 Sep 2012

LKP Famikom Selenggarakan Pendidikan Kecakapan Hidup




Sumedang. Kebijakan pembangunan pendidikan nasional diarahkan untuk meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan dan kepastian secara efisien dan efektif. Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka dalam penyelenggaraan pendidikan nasional bertumpu pada 5 prinsip yakni; 1) ketersediaan berbagai program layanan pendidikan, 2) biaya pendidikan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat, 3) semakin berkualitasnya setiap jenis dan jenjang pendidikan, 4) tanpa adanya perbedaan layanan pendidikan ditinjau dari berbagai segi, dan 5) jaminan lulusan untuk melanjutkan dan keselarasan dengan dunia kerja.



Salah satu program yang diluncurkan oleh Ditjen PAUDNI Kemdikbud untuk mewujudkan prinsip tersebut adalah mengembangkan program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) yang diselenggarakan melalui lembaga kursus dan pelatihan . Hal ini mengingat bahwa arah program kursus dan pelatihan tersebut adalah memberikan pembekalan kepada peserta didik dengan berbagai keterampilan untuk dapat bekerja (pekerja) atau usaha mandiri (berwirausaha).

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, LKP Famikom yang beralamat di Jl. Raya Jatinangor No.297 Kab. Sumedang pada tahun 2012 ini mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menyelenggarakan program PKH ini . Pembukaan kegiatan program PKH telah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 September 2012, bertempat di kampus LKP Famikom yang dibuka secara resmi oleh Kabid PNF Kab. Sumedang yang diwakili oleh Penilik PNF Kec. Jatinangor serta dihadiri oleh seluruh peserta pelatihan, pimpinan dan instruktur di LKP Famikom.

Dalam sambutannya Kabid PNF Kab. Sumedang mengharapkan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin dan dapat mengikuti program ini sampai selesai untuk memperoleh keterampilan sehingga dapat dijadikan bekal untuk mencari kerja ataupun berwirausaha .

Sementara itu menurut Taswin Bramana SE selaku pimpinan LKP Famikom dalam laporannya mengatakan , kegiatan PKH ini diikuti oleh 20 peserta berasal dari warga masyarakat sekitar kampus LKP Famikom. Adapun jenis keterampilan yang diberikan dalam kegiatan ini adalah penguasaan Microsoft Office ( Word, Excel, dan Power Point). Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 29 September s.d 12 Desember 2012 dengan jumlah pertemuan sebanyak 50 kali pertemuan (200 jam) dan diakhir kegiatan nanti seluruh peserta harus mengikuti uji kompetensi untuk mengukur tingkat penguasaan peserta terhadap materi keterampilan yang diterimanya. Sedangkan dana untuk menyelenggarakan kegiatan ini bersumber dari Ditjen PAUDNI Kemdikbud tahun anggaran 2012.

1 komentar:

lpk famikom mengatakan...

IPI Sumedang blognya mantep...

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz