5 Jan 2012

IPI Jabar Laksanakan Rakerda I


Mengawali kegiatan tahun 2012, Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Prop. Jabar pada tanggal 4-5 Januari 2012 bertempat di Wisma Argamulya Kemdiknas Cisarua Kab. Bogor telah menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda ) yang diikuti oleh seluruh pengurus IPI Kab/Kota se Jawa Barat.
Acara yang juga dihadiri oleh Ketum dan Sekjen IPI Pusat tersebut mengusung tema Dengan Semangat Rakerda Kita Optimalkan Kinerja Penilik”.
Dalam sambutannya Ketum IPI Pusat mengharapkan agar pasca terbitnya Permenpan dan RB No. 14 Tahun 2010 profesionalisme dan kinerja Penilik sebagai pengendali mutu program PAUD NI agar lebih ditingkatkan . Sementara Ketua IPI Jabar Nanang Suryaman S.Pd dalam sambutannya menghimbau kepada pengurus IPI Kab/Kota yang telah habis masa bhaktinya agar segera melaksanakan Musyawarah Kabupaten/Kota untuk memilih kepengurusan baru.

Dalam Rakerda yang berlangsung dinamis tersebut  ada 3 agenda yang dibahas yaitu :
a.   Evaluasi  kinerja kepengurusan IPI Propinsi Jawa Barat selama tahun pertama.
b. Menetapkan ketentuan-ketentuan umum mengenai program kerja termasuk keuangan organisasi.
c.  Menambah, mengganti dan mereposisi kepengurusan IPI Propinsi Jawa Barat Masa Bhakti 2011-2016.

Dari Rakerda IPI Prop. Jabar tersebut dihasilkan program kerja sebagai berikut :
1.    Bidang Umum dan Organisasi
a.    Umum
1)    Program kerja dibidang umum diarahkan kepada tercapainya kehidupan yang lebih bagik bagi para penilik selaku anggota IPI sebagai pribadi, unsure keluarga, anggota masyarakat, dan warga Negara dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945
2) Pembinaan ketahanan pribadi dan kehidupan keluarga diprioritaskan untuk mewujudkan suatu tatanan kehidupan berkeluarga yang bahagia sesuai dengan ajaran agama dan budaya bangsa serta mampu menjadi sumber keteladanan bagi masyarakat pada umumnya.
3)   Peran serta Penilik sebagai motivator, fasilitator dan dinamisator dalam kehidupan bermasyarakat, diwujudkan melalui berbagai kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan secara proaktif disesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
4) IPI terus berperanserta dalam menyukseskan kebijakan program Pendidikan Nonformal dan Informal. Melalui program ini IPI secara konseptual terus memberikan masukan dan diikutsertakan oleh pemerintah guna memperbaiki program-program Pendidikan Nonformal dan Informal.
5)   Dalam kaitan dengan kebijakan daerah Propinsi Jawa Barat, IPI memrikan dukungan dan berperan serta secara aktif dalam menyukseskan kegiatan HAI, HAN , Jambore PAUDNI, Keteladanan PNF, Expo Kursus yang setiap tahun diselenggarakan.

b.    Organisasi
1)    Program kerja dibidang organisasi diarahkan kepada pemberdayaan IPI sebagai organisasi yang semakin beradaptasi dan berkembang mengikuti tuntutan jaman serta aspirasi anggota tanpa kehilangan jati diri perjuangannya. Perwujudan tersebut ditandai dengan struktur, proses, dan kinerja yang semakin efektif, efisien dan produktif.
2)  Budaya kehidupan organisasi yang dijiwai oleh semangat dan nilaiperjuangan sebagai jatidiri IPI, makin dimantapkan dikalangan warga IPI dengan tetap melakukan adaptasi dan akomodasi terhadap budaya global yang berkembang. Eksistensi setiap anggota IPI diupayakan sejalan dengan perkembangan iptek di era globalisasi tanpa kehilangan jatidirinya.
3)    Di Sejalan dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globaisasi, struktur organisasi makin di berdayakan dan tepat di selaraskan dengan AD/ART/IPI.
4)    Proses organisasi di upayakan agar makin menggambarkan mekanisme organisasi konstirtisianal, konsepsional, luwes tuntas melalui pemberdayaan kepemingpinan. Managemen, pemecahaan masalah, dan pengambilan keputusan yang konsepsional dan propesional
5)  Untuk menunjang kelancaran roda organisasi, iuran sebagai wujud kebersamaan partisifasi angota,dioptimalkan kelancaran pemasukannya. Disamping itu di upayakan pula perolehan dana dari sumber lainnya.

2.    Bidang Kesejahteraan dan Keuangan
a.    Kesejahteraan
1) Program kerja di bidang kesejahteraan di arahkan bagi terwujudnya kualitas kesejahteraan bagi kehidupan penilik secara material, mental, sosial, dan spiritual sesuai hak-haknya sebagai anggota, unsurkeluarga, anggota masyarakat, warga negara, dan hamba Tuhan Yang Maha Esa yang adil dan merata sebagai jaminan sosial pribadi dan perlindungan hukum
2)   Secara terus menerus melalui jalur organissasi da konstitusional memperjuangkan hak-hak peilik serta upaya peningkatannya sejalan dengan tuntutan hidup wajar untuk menunjang kerja professional, termasuk dalam program pengajian, dan tunjangan-tunjangan lainnya
3)  Berbagi bentuk dan upaya yang sifatnya dapat menunjang  kesejahteraan penilik terus ditingkatkan keberadaan dan perkembangannya 
b.  Bidang keuangan
1)  Program khusus di bidang keuangan di arahkan untuk mengkaji kebutuhan anggaran secara realistis untuk menunjang jalannya kinerja organisasi  IPI. Program ini diarahkan untuk menggali sumber keuangan secara legal sesuai AD/ART sehingga mendapatkan dana yang memadai sejalan dengan tuntutan anggaran belanja.
2)   Untuk menjamin penggunaan anggaran secara tepat di bentuk satu team yang secara continue melakukan pengawasan keuangan.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz