Salah satu tugas pokok Penilik sebagaimana
yang tertuang dalam Permenpan dan RB No. 14 Tahun 2010 tentang Jabatan
Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya
adalah melaksanakan Evaluasi Dampak Program PNFI. Evaluasi dampak program PNFI atau pasca program dimaksudkan untuk
menemukan dan menilai manfaat serta pengaruh program yang telah
dilaksanakan, baik terhadap produktivitas penyelenggaraan maupun organisasi PNFI.
Kegiatan
evaluasi dampak program PNFI itu sendiri mencakup 5 kegiatan pokok, yaitu :
1.
Menyusun desain evaluasi dampak program PNFI;
2.
Menyusun instrumen evaluasi dampak program PNFI;
3.
Melaksanakan dan menyusun laporan hasil evaluasi dampak program
PNFI;
4.
Menyiapkan bahan presentasi; dan
5. Melakukan presentasi hasil
evaluasi dampak program PNFI.
Berkaitan dengan desain evaluasi dampak,
berikut adalah contoh sistimatika penyusunan desain evaluasi dampak program
PNFI :
Sampul (Cover)
|
Halaman
Identitas dan Pengesahan
|
A. Judul
|
B. Latar
Belakang Masalah
|
C. Tujuan
Evaluasi
|
D. Konteks
Program PAUDNI yang
Dievaluasi
|
E.
Keluaran Yang Diharapkan
|
F. Manfaat
|
G. Fokus
dan Pertanyaan Evaluasi
|
H. Model
dan Metode Evaluasi
|
1. Model evaluasi
|
2. Jenis data yang dibutuhkan
|
3. Sumber data dan cara memilih sampel
|
4. Instrumen pengumpul data
|
5. Pengolahan dan analisis data
|
6. Jenis dan bentuk pelaporan
|
I. Jadwal
Kegiatan
|
J. Biaya
Kegiatan
|
K.
Personalia Pelaksana
|
L. Daftar
Pustaka
|
M.
Lampiran-Lampiran:
1. Skenario atau Instrumen Evaluasi
2. Curriculum Vitae semua Tim Pelaksana
|
Adapun deskripsi dari tiap-tiap komponen di atas , dapat diikuti pada bagian berikut :
Sampul (Cover)
Pada
halaman sampul minimal tercantum: logo lembaga, judul kegiatan evaluasi, nama
ketua dan anggota tim, identitas lembaga, dan tahun pelaksanaan. Format
sampul hendaknya sesuai dengan.
|
Halaman Identitas dan Pengesahan
Halaman
pengesahan memuat judul kegiatan evaluasi, identitas ketua tim, nama anggota
tim, waktu kegiatan, biaya yang dibutuhkan, disetujui oleh Konsultan Teknis
dan diketahui oleh Ketua Balai atau yang ditugaskan.
|
A. Judul Evaluasi Dampak
Judul
hendaknya singkat (maksimal 15 kata); spesifik; cukup jelas menggambarkan
tahapan program dan aspek yang akan dievaluasi
|
B. Latar Belakang Masalah
Latar
belakang masalah memberikan orientasi atau menggiring perhatian pembaca
kepada permasalahan/fokus evaluasi program/dampak yang akan
dilakukan. Fenomena, alasan, atau faktor pendorong dilakukan evaluasi bukan dihasilkan dari kajian teoretik
atau sekedar kutipan pasal-pasal dari perundangan, melainkan harus lebih
ditekakan pada kebutuhan, kepentingan, dan manfaat evaluasi dampak yang akan
dilakukan. Masalah dapat terinspirasi dari hasil kebijakan, hasil penelitian,
komplain pelanggan, dan kebutuhan pihak tertentu untuk mengetahui hasil
evaluasi. Fokus dan masalah evaluasi yang akan dilakukan digali atau
didiagnosis secara kolaboratif dan sistematis oleh tim evaluator dan para
pemangku kepentingan PAUDNI yang nyata dihadapi penyelenggara, tutor, pengambil kebijakan
(regulator), dan warga belajar di praktek-praktek PNF.
|
C. Tujuan Evaluasi
Tujuan
evaluasi yang direncanakan harus bersifat penting dan mendesak untuk
diketahui, serta dapat memberikan masukan dalam pengambilan keputusan
dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung
lainnya yang dapat memperlancar kegiatan evaluasi tersebut. Identifikasi masalah evaluasi sjauh mungkin
disertai dengan data pendukung, selanjutnya masalah evaluasi PAUDNI itu
dianalisis untuk menentukan arah pertanyaan evalasi. Rumusan tujuan evaluasi
hendaknya bersifat indikatif, spesifik, dan terukur.
|
D. Konteks Program PAUDNI yang
Dievaluasi
Adalah
rankuman diskripsi tentang program PAUDNI yang akan
dievaluasi, yang meliputi latar belakang, sasaran, tujuan, manfaat, waktu,
dan uraian lain yang menggambarkan program PAUDNI yang akan
dievaluasi. Deskripsi konteks program PAUDNI ini sejauh
mungkin disertai dengan data pendukung yang relevan, misanya dokumen-dokumen,
sebaran alumni, dan gambaran lainnya untuk menentukan arah pertanyaan
evaluasi. Bahan dasar untuk menulis bagian ini adalah buku/dokumen laporan program
PAUDNI terkait.
|
E. Keluaran Yang Diharapkan
Keluaran
yang diharapkan menggambarkan informasi yang akan didapat dari kegiatan
evaluasi yang akan dilakukan yang berguna bagi perbaikan program PAUD dan
pengembilan keputusan tentang progran PAUDNI. Dalam kalimat lain, keluaran
yang diharapkan menggambarkan informasi apa yang ingin didapat dari kegiatan
evaluasi ini. Keluaran hendaknya dirumuskan dalam butir-butir satuan yang
operasional.
|
F. Manfaat
Manfaat
adalah keuntungan praktis dari hasil dan temuan evaluasi yang akan didapat,
khususnya bagi perbaikan mutu kebijakan, disain, dan praktek PAUDNI saat ini
maupun yang akan datang. Apabila memungkinkan, perlu juga dikemukakan manfaat
hasil dan temuan evaluasi bagi penyelenggara, tutor, warga belajar, pengambil kebijakan, dan teori PNFI.
|
G. Fokus dan Pertanyaan
Evaluasi
Karena
evaluasi PAUDNI dapat dilakukan pada awal, tengah, akhir, dan pasca kegiatan,
pun dapat dilakukan berdasarkan model dan teori tertentu, maka dibutuhkan
penetapan fokus dan pertanyaan evaluasi agar evaluasi dapat terarah. Dalam
menetapkan fokus dan pertanyaan evaluasi perlu memperhatikan pada tahap mana
evaluasi dilakukan dan informasi apa yang dibutuhkan.
|
H. Model dan Metode Evaluasi
Menggambarkan
model dan unsur-unsur metode evaluasi yang akan digunakan, mulai dari
pendekatan, jenis, dan disain sampai dengan analisis data.
Komponen
yang perlu diuraikan tergantung pendekatan evaluasi yang dipilih (kuantitatif
atau kualitatif). Untuk pendekatan kuantitatif minimal terdiri atas:
pendekatan, jenis dan disain evaluasi (termasuk prosedur evaluasi), lokasi
evaluasi, responden/informan dan cara mengambil sampel untuk sumber data,
jenis data yang dibutuhkan, instrumen dan pengembangannya, dan analisis data. Untuk pendekatan
kualitatif minimal terdiri dari: pendekatan, jenis dan disain, lokasi, subjek
dan sumber data (informan), kehadiran evaluator, uji keabsahan data
(kredibilitas, dependabiltas, konfirmabilitas, dan tranferabilitas), dan
analisis data.
|
1. Model
evaluasi
Model
evaluasi PAUDNI yang digunakan adalah model evaluasi empat tingkatan yang
dikombinasikan dengan model discripancy.
Model evaluasi empat tingkatan pada program PAUDNI berusaha mencari dan
menemukan informasi yang sesuai dengan masing-masing tingkatan kemajuan
program PAUDNI untuk mengoptimalkan hasil kegiatan.
|
2. Jenis
data yang dibutuhkan
Untuk
mencapai tujuan dan mendapatkan keluaran evaluasi yang direncanakan, jelaskan
jenis data yang dibutuhkan beserta rinciannya. Perlu dijelaskan pada bagian
ini data-data yang ingin dikumpulkan dikaitkan dengan konteks program PAUDNI
yang dievaluasi. Perlu juga dijelaskan data yang dikumpulkan bersifat
kuantitatif ataukah kualitatif.
|
3. Sumberdata
dan cara memilih sampel
Berdasarkan
data yang dibutuhkan, uraikan pada bagian ini sumber data yang relevan dan
bagaimana cara memilih sampel (perwakilan) sumber data yang ada. Yang
diuraikan di sini adalah teknik sampling (bila kuantitatif/survey) atau
teknik memilih sumber data (bila kualitatif).
|
4.
Instrumen pengumpul data
Berdasarkan
jenis data dan sumber data yang telah dirancang, dan apabila pendekatan
evaluasi yang dipilih adalah kuantitatif, maka dapat diuraikan instrumen
pengumpul data yang diperlukan. Jelaskan semua instrumen yang akan digunakan
dalam evaluasi. Apabila evaluator memilih pendekatan kualitatif, maka yang
perlu diuraikan adalah skenario pengambilan data berdasarkan kaidah
penelitian kualitatif.
|
5.
Pengolahan dan analisis data
Uraikan
prosedur, metode dan teknis pengolahan dana nalisis
data yang akan dilakukan.
|
6. Jenis
dan bentuk pelaporan
Agar data dan hasil evaluasi dapat digunakan oleh pihak-pihak yang
berkepentingan, maka perlu disusun evaluasi. Laporan dilakukan dalam dua
jenis, yaitu laporan kemajuan dan laporan akhir. Laporan kemajuan setidaknua
dilakukan dua kali, yaitu laporan pendahuluan yang manggambarkan kesipan
pelaksanaan evaluasi, dan laporan tengah masa yang menggambarkan kelancaran
dan hambatan pelaksanaan evaluasi. Laporan akhir dilakukan pada akhir
kegiatan evaluasi secara lengkap.
|
I. Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan yang meliputi
perencanaan, persiapan, pelaksanaan monitoring, seminar dan penyusunan
laporan hasil evaluasi yang dikaitkan dengan kalender kerja. Jadwal dibuat
dalam bentuk bar chart.
|
J. Biaya
Kegiatan
Menyebutkan
sumber dana untuk pembiayaan kegiatan ini dan justifikasi penggunaannya.
|
K. Personalia Pelaksana
Uraikan
nama personalia tim serta penjelasan tentang kualifikasi dan kompetensi peran
dan waktu yang disediakan untuk kegiatan evaluasi PAUDNI ini.
Sertakan/lampirkan Curriculum Vitae
(CV) ketua tim dan semua anggota.
|
L. Daftar Pustaka
Daftar
Pustaka dituliskan secara konsisten dan alphabetis sesuai dengan salah satu
model baku. Sumber yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanya yang
benar-benar dirujuk di dalam naskah. Semua sumber yang dirujuk di dalam
naskah harus dicantumkan di dalam daftar pustaka.
|
M. Lampiran-Lampiran:
|
Referensi : Bahan Diklat Teknis Penilik (Garden Permata Hotel Bandung Tanggal 5 -9 Maret 2012)
0 komentar:
Posting Komentar