10 Jun 2014

Berkat Ubi Cilembu Melaju Ke Tingkat Nasional



Yanti Susanti
Bagi masyarakat Sumedang ataupun Jawa Barat pada umumnya tentu telah mengenal satu komoditas hasil pertanian yang bernama ubi cilembu. Ubi Cilembu merupakan salah satu produk pertanian unggulan Kab. Sumedang yang dihasilkan dari Desa Cilembu, Kec. Pamulihan Kab. Sumedang.
Ubi cilembu disukai konsumen karena rasanya yang khas, legit dan manis seperti madu, daging umbinya terasa kenyal, dan  warna dagingnya yang mengundang selera. Selama ini masyarakat hanya mengenal olahan ubi cilembu dalam bentuk ubi bakar atau ubi panggang oven.


Adalah Yanti Susanti SS seorang instruktur tataboga dari LKP. Sylvahayati Tanjungsari Kab. Sumedang yang mempunyai kreativitas untuk berinovasi dan memodifikasi hasil olahan ubi cilembu yang lain dari biasanya dengan membuat kue chocokremzz dari bahan dasar ubi cilembu. Tujuannya selain untuk lebih memperkaya ragam hasil olahan ubi cilembu, juga agar produk ubi cilembu mempunyai nilai jual yang lebih.

Dari pengalamannya memodifikasi olahan ubi cilembu tersebut, kemudian ia tuangkan dalam sebuah Karya Tulis/Nyata untuk diikutsertakan dalam Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tk. Prop. Jabar yang telah dilaksanakan dari tanggal 7 sd 9 Juni 2014 di Lembang Bandung.

Dengan mengusung judul “ Penerapan Strategi Teaching and Learning Pada Proses Pembelajaran Pembuatan Chocokremzz Berbahan Dasar Ubi Cilembu”, alhamdulillah akhirnya karya nyata Yanti Susanti dinyatakan keluar sebagai Juara Pertama Katagori Instruktur Tataboga dan berhak mengikuti Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tk. Nasional yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Bandung bulan Agustus 2014 mendatang.

"Kue Chocokremzz", kreasi Yanti Susanti

Tentu saja keberhasilan tersebut patut disambut gembira, karena selain tetap menjaga tradisi Kab. Sumedang untuk selalu berkiprah pada Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tk. Nasional, juga ingin mengangkat nama lembaga dan nama daerah tentunya.

“Orientasi kedepan tentu saja saya mengharapkan agar peserta didik tataboga di LKP Sylvahayati dapat meningkatkan jiwa kewirausahaannya dan kreatif dalam menggali potensi kuliner yang ada di daerah sehingga memiliki nilai-nilai keunggulan yang dapat dibanggakan”, demikian menurut Susan yang juga diamini oleh Ai Awang Hayati selaku Direktur LKP Sylvahayati.

Selamat buat Yanti Susanti, semoga di Tingkat Nasional bisa lebih berprestasi !!

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz