13 Okt 2014

Sistematika Laporan Kepenilikan



Seperti telah ditulis dalam artikel terdahulu , bahwa sebuah laporan dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tentang proses dan hasil suatu kegiatan. Pelaporan berfungsi sebagai media komunikasi, pertanggungjawaban, dan bahan dokumentasi. Tujuannya agar pihak yang dilapori memperoleh informasi mengenai kegiatan dan pelaksanaan program. Fungsi pertanggungjawaban berarti bahwa pada setiap kegiatan yang tengah dilaksanakan atau telah selesai dilakukan perlu dilaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan


Laporan yang disusun hendaknya lengkap serta dapat menjawab  4W + 1H , yaitu : apa (what), mengapa (why) , siapa (who), dimana (where), kapan (when) serta bagaimana (how). Setelah data dan informasi yang diperoleh lengkap menjawab 4W + 1H selanjutnya dituangkan dalam laporan dengan sistematika sesuai Lampiran Permendikbud No. 13 Tahun 2013.

Adapun gambaran sistematika laporan kepenilikan dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Jenis Laporan
Isi/Sistimatika Laporan Minimal Memuat
Laporan Hasil Analisis
Latar belakang, tujuan, ruang lingkup, lokasi, jenis kegiatan, waktu, tabulasi data, dan hasil analisis data
Laporan Hasil Diskusi Terfokus
Latar belakang, tujuan, tema/topik, hasil yang diharapkan, waktu, tempat, jadwal, peserta, narasumber, proses diskusi, daftar hadir peserta dan rekomendasi.
Lapran Hasil Pemantauan
Latar belakang, tujuan, ruang lingkup, lokasi, jenis kegiatan, waktu, kesimpulan, rekomendasi dan tindak lanjut
Laporan Hasil Penilaian
Latar belakang, tujuan, ruang lingkup, metode penilaian, teknik pengumpulan data dan analisis data, lokasi, waktu, petugas, langkah-langkah, data dan hasil penilaian, kesimpulan, rekomendasi dan tindak lanjut
Laporan Pembimbingan dan Pembinaan PTK
Latar belakang, tujuan, ruang lingkup, sasaran, permasalahan yang ditemukan, proses pembimbingan dan pembinaan , serta tindak lanjut
Laporan pembimbingan dan pembinaan bidang penelitian dan pengembangan pembelajaran pembelajaran, pelatihan, dan/atau pembimbingan
Latar belakang, tujuan, ruang lingkup, sasaran, permasalahan yang ditemukan, proses pembimbingan dan pembinaan , serta tindak lanjut
Laporan Hasil Bimbingan dan Pembinaan dalam menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran dan teknologi informasi
Latar belakang, tujuan, tempat dan waktu, jadwal pembimbingan, ruang lingkup, sasaran, jenis media yang dikembangkan, proses pembimbingan, dan tindak lanjut
Laporan Triwulan
Latar belakang, dasar hukum, tujuan, hasil yang dicapai, ruang lingkup, jenis kegiatan, sasaran, waktu dan tempat, permasalahan dan upaya pemecahan masalah dalam pelaksanaan pengendalian mutu  dan evaluasi dampak program PAUDNI, serta  rekomendasi
Laporan Tahunan
Latar belakang, dasar hukum, tujuan, hasil yang dicapai, ruang lingkup, jenis kegiatan, sasaran, waktu dan tempat, permasalahan dan upaya pemecahan masalah dalam pelaksanaan pengendalian mutu  dan evaluasi dampak program PAUDNI, serta  rekomendasi
Laporan Hasil Evaluasi Dampak Program PAUDNI
Latar belakang, tujuan, ruang lingkup, metode, waktu dan tempat, hasil analisis data, kesimpulan dan rekomendasi
Laporan Studi Banding
Latar belakang, tujuan, waktu dan tempat , hasil studi banding, kesimpulan dan rekomendasi

Referensi : Bahan Ajar Diklat Penerampilan Tugas Pokok dan Fungsi Penilik, PP-PAUDNI Regional I Bandung , 2014,

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz