Seperti telah ditulis dalam artikel
terdahulu , bahwa sebuah laporan dapat digunakan untuk menyampaikan informasi
tentang proses dan hasil suatu kegiatan. Pelaporan berfungsi sebagai media
komunikasi, pertanggungjawaban, dan bahan dokumentasi. Tujuannya agar pihak
yang dilapori memperoleh informasi mengenai kegiatan dan pelaksanaan program.
Fungsi pertanggungjawaban berarti bahwa pada setiap kegiatan yang tengah
dilaksanakan atau telah selesai dilakukan perlu dilaporkan kepada pihak-pihak
yang berkepentingan
Laporan
yang disusun hendaknya lengkap serta dapat menjawab 4W + 1H , yaitu : apa (what),
mengapa (why) , siapa (who), dimana (where), kapan (when)
serta bagaimana (how). Setelah data dan informasi yang diperoleh lengkap
menjawab 4W + 1H selanjutnya dituangkan dalam laporan dengan sistematika
sesuai Lampiran Permendikbud No. 13 Tahun 2013.
Adapun
gambaran sistematika laporan kepenilikan dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Jenis Laporan
|
Isi/Sistimatika
Laporan Minimal Memuat
|
Laporan
Hasil Analisis
|
Latar
belakang, tujuan, ruang lingkup, lokasi, jenis kegiatan, waktu, tabulasi
data, dan hasil analisis data
|
Laporan
Hasil Diskusi Terfokus
|
Latar
belakang, tujuan, tema/topik, hasil yang diharapkan, waktu, tempat, jadwal,
peserta, narasumber, proses diskusi, daftar hadir peserta dan rekomendasi.
|
Lapran
Hasil Pemantauan
|
Latar
belakang, tujuan, ruang lingkup, lokasi, jenis kegiatan, waktu, kesimpulan,
rekomendasi dan tindak lanjut
|
Laporan
Hasil Penilaian
|
Latar
belakang, tujuan, ruang lingkup, metode penilaian, teknik pengumpulan data
dan analisis data, lokasi, waktu, petugas, langkah-langkah, data dan hasil
penilaian, kesimpulan, rekomendasi dan tindak lanjut
|
Laporan
Pembimbingan dan Pembinaan PTK
|
Latar
belakang, tujuan, ruang lingkup, sasaran, permasalahan yang ditemukan, proses
pembimbingan dan pembinaan , serta tindak lanjut
|
Laporan
pembimbingan dan pembinaan bidang penelitian dan pengembangan pembelajaran pembelajaran, pelatihan,
dan/atau pembimbingan
|
Latar
belakang, tujuan, ruang lingkup, sasaran, permasalahan yang ditemukan, proses
pembimbingan dan pembinaan , serta tindak lanjut
|
Laporan
Hasil Bimbingan dan Pembinaan dalam menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran
dan teknologi informasi
|
Latar
belakang, tujuan, tempat dan waktu, jadwal pembimbingan, ruang lingkup,
sasaran, jenis media yang dikembangkan, proses pembimbingan, dan tindak
lanjut
|
Laporan
Triwulan
|
Latar
belakang, dasar hukum, tujuan, hasil yang dicapai, ruang lingkup, jenis
kegiatan, sasaran, waktu dan tempat, permasalahan dan upaya pemecahan masalah
dalam pelaksanaan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUDNI, serta rekomendasi
|
Laporan
Tahunan
|
Latar
belakang, dasar hukum, tujuan, hasil yang dicapai, ruang lingkup, jenis
kegiatan, sasaran, waktu dan tempat, permasalahan dan upaya pemecahan masalah
dalam pelaksanaan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUDNI, serta rekomendasi
|
Laporan
Hasil Evaluasi Dampak Program PAUDNI
|
Latar
belakang, tujuan, ruang lingkup, metode, waktu dan tempat, hasil analisis
data, kesimpulan dan rekomendasi
|
Laporan
Studi Banding
|
Latar
belakang, tujuan, waktu dan tempat , hasil studi banding, kesimpulan dan
rekomendasi
|
Referensi
: Bahan
Ajar Diklat Penerampilan Tugas Pokok dan Fungsi Penilik, PP-PAUDNI Regional
I Bandung , 2014,
0 komentar:
Posting Komentar