15 Mar 2015

Sistematika LKN dan LKT Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2015


Seperti tahun-tahun sebelumnya, perhelatan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2015 akan memperlombakan kreativitas dari PTK PAUDNI dalam menyusun dan mempresentasikan karya nyata dan karya tulis terbaiknya. Namun yang menarik,  untuk tahun ini dari 15 jenis katagori PTK PAUDNI  yang diperlombakan, hanya Pengelola PAUD yang jenis lombanya adalah karya tulis, sedangkan yang lainnya karya nyata.

KARYA NYATA adalah hasil pengalaman langsung (best practice) individu atau kelompok PTK PAUDNI (bukan  gagasan, bukan hasil penelitian, bukan skripsi, bukan tesis, dan bukan disertasi) yang bersifat inovatif dan memiliki kekhasan atau keunggulan tertentu sehingga mendorong PTK PAUDNI lainnya untuk mengadopsi dan menerapkan di lembaganya. Karya Nyata tidak boleh menggunakan kutipan dan daftar rujukan atau daftar pustaka sebagaimana yang lazim digunakan dalam penulisan karya ilmiah.

KARYA TULIS adalah hasil pemikiran/gagasan/ide baik individual maupun kelompok yang berisi tentang inovasi program/ kegiatan yang dapat dijadikan acuan, rujukan, pemecahan masalah, peningkatan mutu pembelajaran atau pengelolaan program PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan tertentu (bukan merupakan hasil penelitian atau penelitian tindakan) dan layak untuk diterapkan pada bidang PAUDNI.


Berdasarkan Pedoman Penilaian Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2015, sistematika penulisan karya tulis dan karya nyata peserta lomba telah ditentukan sebagai berikut :


SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS
(PENGELOLA PAUD)

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN  KARYA TULIS
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I.         PENDAHULUAN :
A.       Latar Belakang
B.       Rumusan Masalah 
C.       Tujuan
BAB II.      TINJAUAN PUSTAKA :
Teori dan Konsep yang relevan dengan karya tulis
BAB III. PEMBAHASAN:
A.       Inovasi model pengelolaan PAUD,
B.       Implementasi Pemanfaatan Dana,
C.       Strategi Pemecahan Masalah
D.       Keberlangsungan Lembaga
BAB IV. PENUTUP
A.       Kesimpulan
B.       Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

SISTEMATIKA PENULISAN KARYA NYATA
(PENDIDIK PAUD)

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA NYATA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I. PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan
D.    Strategi Pemecahan Masalah
BAB II. PEMBAHASAN
A.    Prosedur Kegiatan (Konsep, Kesesuaian Usia, Kratifitas, Keamanan, Kenyamanan, Pemahaman Dalam Menggunakan Media)
B.     Hasil Kegiatan
C.     Dampak Kegiatan
D.    Faktor Penghambat dan Pendukung
E.     Serta Memuat Perencanaan,Pelaksanaan dan Penilaian Pembelajaran
BAB III. PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
Lampiran-lampiran


SISTEMATIKA KARYA NYATA
(PENGELOLA LKP)

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA NYATA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Permasalahan
C. Tujuan
D. Stategi Pemecahan Masalah
BAB II. PEMBAHASAN
A. Prosedur kegiatan
B. Hasil kegiatan
C. Dampak kegiatan
D. Kendala yang dihadapi
E. Faktor-faktor pendukung
F. Alternatif pengembangan
BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Rekomendasi
Lampiran-lampiran


SISTEMATIKA KARYA NYATA
( INSTRUKTUR LKP)

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA NYATA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Mendeskripsikan alasan-alasan faktual menerapkan inovasi pembelajaran tertentu)
B.   Tujuan
Contoh Rumusan Tujuan
1.    Mendeskripsikan pengalaman nyata dalam menerapkan inovasi pembelajaran.
2.    Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan inovasi pembelajran
3.    Mendeskripsikan RPP dalam satu unit/standar dan elemen/kompetensi dasar
BAB II. PEMBAHASAN
A.  Deskripsi pengalaman menerapkan inovasi pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, hasil, dan dampak)
B.  Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan inovasi pembelajaran
BAB III SILABUS DAN RPP
A.  Silabus
B.  RPP (Memuat RPP untuk Satu Unit/Standar Kompetensi)
BAB IV RPP DAN BAHAN BELAJAR
A.      RPP (Satu Elemen/Kompetensi Dasar/Satu Kali Pertemuan
B.       Bahan Belajar
C.       Rubrik Penilaian
BAB V. PENUTUP
A.      Kesimpulan
B.       Saran
Lampiran-lampiran


SISTEMATIKA PENULISAN KARYA NYATA
(PTK DIKMAS)

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA NYATA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
I. PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah,
B.     Rumusan Masalah,
C.     Tujuan
D.    Strategi Pemecahan Masalah
II. PEMBAHASAN
A.    Prosedur kegiatan
B.     Hasil kegiatan,
C.     Dampak kegiatan
D.    Faktor penghambat dan pendukung serta memuat perencanaan,
E.     Pelaksanaan dan penilaian pembelajaran.
III. PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
Lampiran-lampiran

Ketentuan umum penulisan naskah Karya Nyata/Karya Tulis meliputi:
a.         Naskah harus karya asli peserta Lomba Karya Nyata/Karya Tulis, bukan jiplakan, belum pernah diikutkan/dipublikasikan dalam forum/kegiatan apapun
b.        Naskah harus di-tik di atas kertas ukuran A4 (kuarto) dengan spasi 1.5 dan menggunakan font 12 Times New Romans
c.         Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar
d.        Panjang naskah minimal 30 halaman dan maksimal 50 halaman termasuk lampiran.
e.         Naskah dijilid dengan warna sampul  :
PTK PAUD : Warna Hijau Tua
PTK Dikmas : Warna Kuning
PTK LKP : Warna Merah

1 komentar:

paudnurikabbekasi.blogspot.com mengatakan...

terimakasih kepada lembaga terkait yang sudah memberikan jalan bagi PTK PAUD untuk berprestasi dan meningkatkan mutu PTK PAUD, terimakasih banyak

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz