Seperti tahun-tahun sebelumnya, perhelatan Apresiasi PTK
PAUDNI Berprestasi 2015 akan memperlombakan kreativitas dari PTK PAUDNI dalam
menyusun dan mempresentasikan karya nyata dan karya tulis terbaiknya. Namun
yang menarik, untuk tahun ini dari 15
jenis katagori PTK PAUDNI yang
diperlombakan, hanya Pengelola PAUD yang jenis lombanya adalah karya tulis,
sedangkan yang lainnya karya nyata.
KARYA NYATA adalah hasil
pengalaman langsung (best practice) individu atau kelompok
PTK PAUDNI (bukan gagasan, bukan
hasil penelitian, bukan skripsi, bukan tesis, dan bukan disertasi) yang
bersifat inovatif dan memiliki kekhasan atau keunggulan tertentu sehingga
mendorong PTK PAUDNI lainnya untuk mengadopsi dan menerapkan di lembaganya. Karya Nyata tidak boleh menggunakan kutipan
dan daftar rujukan atau daftar pustaka sebagaimana yang lazim digunakan dalam
penulisan karya ilmiah.
KARYA TULIS adalah hasil pemikiran/gagasan/ide baik
individual maupun
kelompok yang berisi tentang inovasi program/ kegiatan yang dapat dijadikan
acuan, rujukan, pemecahan masalah, peningkatan mutu pembelajaran atau
pengelolaan program PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan tertentu (bukan merupakan hasil penelitian atau
penelitian tindakan) dan layak untuk diterapkan pada bidang
PAUDNI.
Berdasarkan Pedoman Penilaian Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2015, sistematika penulisan karya tulis dan karya nyata peserta lomba telah ditentukan sebagai berikut :
Berdasarkan Pedoman Penilaian Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2015, sistematika penulisan karya tulis dan karya nyata peserta lomba telah ditentukan sebagai berikut :
SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS
(PENGELOLA PAUD)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I.
PENDAHULUAN
:
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan Masalah
C.
Tujuan
BAB II.
TINJAUAN
PUSTAKA :
Teori dan Konsep yang relevan
dengan karya tulis
BAB III. PEMBAHASAN:
A. Inovasi
model pengelolaan PAUD,
B. Implementasi
Pemanfaatan Dana,
C. Strategi
Pemecahan Masalah
D. Keberlangsungan
Lembaga
BAB IV. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
SISTEMATIKA PENULISAN KARYA NYATA
(PENDIDIK PAUD)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA
NYATA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
B.
Rumusan Masalah
C.
Tujuan
D.
Strategi Pemecahan Masalah
BAB II. PEMBAHASAN
A.
Prosedur Kegiatan (Konsep, Kesesuaian Usia,
Kratifitas, Keamanan, Kenyamanan, Pemahaman Dalam Menggunakan Media)
B.
Hasil Kegiatan
C.
Dampak Kegiatan
D.
Faktor Penghambat dan Pendukung
E.
Serta Memuat Perencanaan,Pelaksanaan dan
Penilaian Pembelajaran
BAB III. PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
Lampiran-lampiran
SISTEMATIKA KARYA NYATA
(PENGELOLA LKP)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA NYATA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Permasalahan
C. Tujuan
D. Stategi Pemecahan Masalah
BAB II. PEMBAHASAN
A. Prosedur kegiatan
B. Hasil kegiatan
C. Dampak kegiatan
D. Kendala yang dihadapi
E. Faktor-faktor pendukung
F. Alternatif pengembangan
BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Rekomendasi
Lampiran-lampiran
SISTEMATIKA KARYA NYATA
( INSTRUKTUR LKP)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA NYATA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Mendeskripsikan alasan-alasan
faktual menerapkan inovasi pembelajaran tertentu)
B. Tujuan
Contoh Rumusan Tujuan
1. Mendeskripsikan
pengalaman nyata dalam menerapkan inovasi pembelajaran.
2. Mendeskripsikan
faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan inovasi pembelajran
3. Mendeskripsikan
RPP dalam satu unit/standar dan elemen/kompetensi dasar
BAB II. PEMBAHASAN
A. Deskripsi
pengalaman menerapkan inovasi pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, hasil,
dan dampak)
B.
Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan
inovasi pembelajaran
BAB III SILABUS DAN RPP
A. Silabus
B. RPP (Memuat
RPP untuk Satu Unit/Standar Kompetensi)
BAB IV RPP DAN BAHAN
BELAJAR
A. RPP
(Satu Elemen/Kompetensi Dasar/Satu Kali Pertemuan
B. Bahan
Belajar
C. Rubrik
Penilaian
BAB V. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
Lampiran-lampiran
SISTEMATIKA
PENULISAN KARYA NYATA
(PTK DIKMAS)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA NYATA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
I. PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah,
B. Rumusan
Masalah,
C. Tujuan
D. Strategi
Pemecahan Masalah
II. PEMBAHASAN
A. Prosedur
kegiatan
B. Hasil
kegiatan,
C. Dampak
kegiatan
D. Faktor
penghambat dan pendukung serta memuat perencanaan,
E. Pelaksanaan
dan penilaian pembelajaran.
III. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
Lampiran-lampiran
Ketentuan umum penulisan naskah Karya Nyata/Karya Tulis
meliputi:
a.
Naskah harus karya asli peserta Lomba Karya
Nyata/Karya Tulis, bukan jiplakan, belum pernah diikutkan/dipublikasikan dalam
forum/kegiatan apapun
b.
Naskah harus di-tik di atas kertas ukuran A4
(kuarto) dengan spasi 1.5 dan menggunakan font 12 Times New Romans
c.
Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia
yang baik dan benar
d.
Panjang naskah minimal 30 halaman dan maksimal
50 halaman termasuk lampiran.
e.
Naskah dijilid dengan warna sampul :
PTK PAUD : Warna Hijau Tua
PTK Dikmas : Warna Kuning
PTK LKP : Warna Merah
1 komentar:
terimakasih kepada lembaga terkait yang sudah memberikan jalan bagi PTK PAUD untuk berprestasi dan meningkatkan mutu PTK PAUD, terimakasih banyak
Posting Komentar