12 Jan 2019

Model RPPH PAUD Terbaru


Salah satu dokumen rencana pembelajaran PAUD yang wajib disusun secara mandiri oleh guru/pendidik PAUD, selain Program Semester ( Prosem) dan Rencana Pelaksanaan Pembelejaran Mingguan(RPPM) adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)

RPPH merupakan acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. RPPH disusun dan dilaksanakan oleh guru. Format RPPH tidak harus baku, tetapi memuat komponen-komponen yang ditetapkan. Komponen RPPH terdiri atas: (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian.

Jika selama ini RPPH dibuat per hari, saat ini telah dikembangkan model RPPH untuk 5 hari (1 minggu). Paling tidak adanya  RPPH model  ini dapat mengurangi beban guru, karena RPPH dapat dibuat 1 minggu sekali.
Berikut contoh model RPPH terbaru yang dikembangkan oleh  Direktorat Pembinaan PAUD, Ditjen PAUD & Dikmas Kemendikbud Tahun 2018 :


Referensi : Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD (Direktorat Pembinaan PAUD, Ditjen PAUD & Dikmas Kemendikbud Tahun 2018)

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz