9 Jul 2012

Dinas Pendidikan Kab. Sumedang Selenggarakan UNPK Paket C




Sumedang. Sesuai dengan jadwal yang tertuang dalam Prosedure Operasi Standar Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (POS UNPK) tahun 2012, Dinas Pendidikan Kab. Sumedang mulai tanggal 9 s.d 12 Juli 2012 menyelenggarakan UNPK Paket C IPS Periode I. Penyelenggaraan ujian yang diikuti oleh 716 orang peserta tersebut dilaksanakan di dua lokasi yaitu SMKN 2 Sumedang dan SMPN 5 Sumedang.

Hari pertama pelaksanaan ujian dengan materi yang diujikan PKn dan Bahasa Indonesia berjalan tertib dan lancar tanpa hambatan yang berarti. Secara keseluruhan untuk UNPK Paket C IPS ini ada 7 mata pelajaran yang diujikan, yaitu : Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Sosiologi, Geografi, Bahasa Inggris, Ekonomi, dan Matematika.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sumedang Drs. H. Sanusi Mawi  M.Si yang sempat memantau jalannya ujian di hari pertama, sangat mengharapkan agar pelaksanaan ujian ini berjalan tertib dan  lancar , serta  berharap agar semua peserta dapat lulus. Pada kesempatan itu pula Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sumedang berpesan kepada seluruh panitia dan pengawas ujian untuk bekerja secara profesional dan tetap menjaga kerahasiaan naskah soal.

Menurut Asmita S.Pd (Kasi Dikmas) selaku Panitia UN, bahwa pada penyelenggaraan UNPK tahun 2012 ini masih seperti tahun yang lalu dimana pelaksanaannya dilaksanakan dalam dua periode. Bagi peserta ujian yang belum atau tidak lulus pada periode I ini dapat mengikuti kembali UNPK periode II yang akan dilaksanakan bulan  Oktober 2012. Penjelasan ini sekaligus menepis rumor  yang menyebutkan bahwa UNPK tahun 2012 ini hanya dilaksanakan satu kali saja.

Mengenai kriteria kelulusan, Kasi Dikmas menjelaskan bahwa peserta UNPK dinyatakan lulus apabila memiliki rata-rata Nilai Akhir (NA) dari seluruh mata pelajaran yang diujikan mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima), dan NA setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).  Nilai akhir diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai Rata-rata Laporan Hasil Belajar (NRLHB) pada satuan pendidikan Program Paket C dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan Nilai UNPK, dengan pembobotan 40% (empat puluh persen) untuk NRLHB dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% (enam puluh persen) untuk nilai UNPK. Kriteria ini juga berlaku untuk Program Paket A dan Program Paket B. Hasil UNPK Periode I Program Paket C diumumkan paling lambat 4 Agustus 2012.

Sementara itu untuk penyelenggaraan UNPK Paket A dan Paket B lokasi ujiannya akan dilaksanakan di kecamatan masing-masing , dan akan dilaksanakan secara bersamaan  tanggal 16 s.d 18 Juli 2012 sesuai jadwal dalam POS UNPK 2012. Untuk UNPK Paket A akan diikuti oleh 53 orang peserta, sedangkan untuk UNPK Paket B akan diikuti oleh 872 orang peserta, demikian menurut Kasi Dikmas lebih lanjut.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz