1 Nov 2012

Satu Tahun Blog IPI Sumedang



Tidak terasa hari  ini tanggal 2 November 2012  blog IPI Kab. Sumedang  menginjak usia 1 tahun. Tepat setahun yang lalu pada tanggal dan bulan yang sama blog ini kami luncurkan , tujuannya tidak lain adalah sebagai media informasi dan komunikasi  bagi para Penilik khususnya dan insan PAUDNI pada umumnya . Kita semua telah maklum bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini demikian cepatnya, sehingga suka atau tidak kita harus mampu menguasainya.


Menurut pendapat para pakar,  TIK mencakup dua aspek yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Blog hanyalah salah satu bagian dari pengertian TIK tersebut. Blog merupakan singkatan dari web log yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi peluncuran blog ini  : (1) perkembangan informasi dan komunikasi di era globalisasi saat ini demikian pesatnya, sehingga dibutuhkan sebuah media  yang dapat mengakses informasi-informasi tersebut. (2) Peluncuran blog ini merupakan  strategi dari misi IPI Kab. Sumedang, dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Penilik dalam menguasai TIK. (3) Peluncuran blog ini merupakan salah satu penjabaran dari rincian tugas Penilik berdasarkan Kepmenpan dan RB No. 14 Tahun 2010, yaitu melakukan pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan PNF dalam menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran dan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran, pelatihan, dan bimbingan.

Kemampuan menguasai TIK yang berkembang saat ini merupakan suatu keharusan bagi para Penilik. Penilik sebagai pengendali mutu program PNF diharapkan  mampu menguasai TIK secara baik, karena hal ini akan menunjang kinerja Penilik dalam melaksanakan tugasnya. Logika sederhananya adalah bagaimana mungkin kita bisa membimbing pendidik dan tenaga kependidikan PNF di bidang TIK  jika kita sendiri tidak menguasainya , sementara bisa jadi mereka  lebih mahir dalam menguasai perangkat TIK ini.

Ibarat bayi yang berusia 1 tahun, tentu blog ini masih banyak kekurangan, baik dari segi tampilan maupun dari segi konten (isi). Dari segi tampilan tentu saja kami ingin blog ini menarik , enak dilihat sehingga pengunjung dapat betah berlama-lama di blog ini. Begitu pula penggunaan dan penataan widget , sedapat mungkin mendukung tema blog serta sewajarnya, sehingga blog terlihat cantik namun tidak berat dan ini  akan berpengaruh pula kepada kecepatan loading. Masalah kecepatan loading blog ini tetap menjadi perhatian kami, sebab bila sebuah blog proses loadingnya lama bisa-bisa ditinggalkan pembacanya.

Sementara dari segi konten , kami ingin berusaha tetap konsisten mengulas mengenai kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tugas-tugas Penilik dan masalah PAUDNI pada umumnya. Konten atau isi merupakan faktor terpenting dalam sebuah blog, karena sebenarnya yang menjadi produk bagi sebuah blog adalah informasi. Hanya saja  harus diakui  kami belum bisa membuat postingan secara teratur, ini tidak terlepas dari  masalah mood dan ide . Ketika mood dan ide menulis tidak ada , sulit rasanya membuat sebuah tulisan , sehingga untuk sekedar memenuhi target postingan terkadang melakukan copy paste dari web atau blog lain ( tentunya dengan mencantumkan sumbernya dong). Inilah salah satu kendala dan juga tantangan yang kami dapatkan dalam mengelola blog ini.

Dari pengalaman satu tahun mengelola blog ini, ada beberapa manfaat yang dapat kami rasakan , yaitu :

  1. Menambah pengetahuan – Kegiatan ngeblog menuntut kita untuk sering menulis artikel-artikel yang berguna bagi orang lain. Apapun tema blognya, untuk menulis artikel yang berguna dan informatif sering menuntut kita untuk melakukan research kecil-kecilan untuk mencari data atau fakta yang berkaitan dan mendukung tema tulisan. Dari kegiatan research inilah, kita akan semakin banyak mengetahui hal-hal dan ilmu baru.
  2. Menambah teman  Mendapat banyak teman di internet mungkin lebih mudah dilakukan di situs sosial semacam facebook dan twitter. Tapi Mendapatkan banyak teman yang sehobby di dunia blogging terasa lebih menyenangkan. Kita bisa saling berbagi pengalaman blogging, pengalaman hobby tertentu, dan saling membantu.
  3. Membantu orang lain – Setiap hari mungkin puluhan juta orang online menggunakan google atau mesin pencari lain untuk mencari artikel, tips-tips maupun info-info terbaru dari berbagai bidang.  Jika kita benar-benar menulis artikel yang informatif dan berguna bagi pembaca, otomatis kita telah membantu orang lain memberikan informasi yang mereka cari.
  4. Menyalurkan bakat – Kita bisa menyalurkan bakat melalui blogging. Tidak harus bakat menulis,  namun apapun bakat maupun kecenderungan kita akan suatu bidang, bisa kita wujudkan dalam tulisan-tulisan artikel blog. Hal itu akan menambah wawasan dalam lingkup bakat dan minat. Begitu juga dengan orang-orang yang mempunyai bakat dan minat yang sama, kita akan lebih mudah menemukannya melalui blog.
  5. Menuangkan Ide, pendapat – Menumpahkan sebuah blog membawa kepuasan tersendiri , apalagi jika ide-ide, pendapat, maupun pandangan kita dibaca banyak orang. Hal sudah pasti akan  membuat semakin bersemangat untuk membuat tulisan-tulisan karena akan terjadi saling tukar informasi yang bermanfaat disana.

Bagi sebagian orang aktivitas ngeblog memang sudah mampu menghasilkan uang, namun karena blog ini sifatnya “non profit”, maka  pemikiran kearah itu sampai saat ini belum ada.

Sebagai penutup, pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung yang telah berkenan mampir ke blog kami ini, tidak lupa segala saran dan masukan senantiasa kami harapkan agar blog sederhana ini tetap eksis dan memberikan informasi-informasi yang bermanfaat kepada kita semua .

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz