14 Nov 2013

SKB Kab. Sumedang Selenggarakan Diklat PAUD Tk. Dasar



Bahwa dalam upaya meningkatkan mutu pendidik PAUD di Kabupaten Sumedang, UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab. Sumedang, mulai dari tanggal 11 s.d 15 November  2013 telah menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan  (Diklat)  PAUD Tingkat Dasar bagi Pendidik PAUD di Kabupaten Sumedang.



Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan  yang diwakili oleh Kepala UPTD SKB Kab. Sumedang Ade Sukaya S.Pd, M.Si  tersebut diikuti oleh 50 orang tenaga pendidik PAUD yang berasal dari Kec. Jatinangor, Kec. Tanjungsari, Kec. Pamulihan dan Kec. Sukasari . 
 
Dalam sambutannya Kepala SKB Kab. Sumedang mengatakan bahwa salah satu yang menjadi latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini adalah berdasarkan data tahun 2013 jumlah tendik PAUD di Kab. Sumedang ,65.9% (802) masih didominasi lulusan SLTA. Berdasarkan hal itu maka SKB yang mempunyai tugas pokok   dan fungsi meningkatkan mutu PTK PAUDNI  memandang perlu mengadakan kegiatan pengembangan profesi dan kompetensi pendidik PAUD di Kab. Sumedang. Oleh karena itu kepada semua peserta diklat diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, karena kegiatan diklat  ini berjenjang dan berkesinambungan.

Kegiatan diklat yang sumber dananya berasal dari Direktorat P2TK PAUDNI Kemdikbud tersebut akan dilaksanakan selama 48 jam pelajaran dan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidik PAUD  dalam hal pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta dalam melaksanakan tugas secara professional sesuai dengan tugas dan kompetensinya. Sedangkan tujuan khususnya adalah :

  1. Meningkatkan potensi PTK PAUD berkaitan dengan konsep PAUD.
  2. Meningkatkan potensi PTK PAUD dalam hal perkembangan anak usia dini dan penanganan anak yang berkebutuhan khusus.
  3. Meningkatkan potensi PTK PAUD dalam menerapkan cara-cara belajar anak usia dini.
  4. Meningkatkan potensi PTK PAUD dalam menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini.
  5. Meningkatkan potensi PTK PAUD dalam mengenal etika dan karakter pendidik PAUD.
  6. Meningkatkan potensi PTK PAUD dalam membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.
  7. Meningkatkan potensi PTK PAUD  dalam pemahaman terkait dengan komunikasi dalam pengasuhan anak usia dini.
Adapun narasumber yang terlibat dalam Diklat PAUD Tk. Dasar ini berasal dari unsur Disdik Kab. Sumedang, P2 PAUDNI Reg. 1 Bandung, PB SKB. Kab. Sumedang dan Dinas Kesehatan Kab. Sumedang. Sementara metode yang digunakan dalam diklat ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, studi kasus, praktek dan motivasi.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

BUKU TAMU

Sahabat IPI Sumedang

Copyright © 2012. IPI Sumedang - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz